Pedoman Penulisan

Perhimpunan Dokter Intensive Care Indonesia (PERDICI) or internationally known as Indonesian Society of Intensive Care Medicine (ISICM)

Pedoman Bagi Penulis

Majalah Kedokteran Terapi Intensif Indonesia (MKTII) adalah jurnal kedokteran triwulan berbahasa Indonesia yang memuat artikel penelitian, tinjauan pustaka, dan laporan kasus dibidang kedokteran terapi intensif (intensive care medicine).

  1. Artikel penelitian berisi laporan penelitian di bidang ilmu kedokteran terapi intensif (intensive care medicine), baik penelitian dasar maupun penelitian terapan. Isi tulisan maksimal memuat 3000 kata, terdiri dari pendahuluan, metode, hasil, diskusi/pembahasan, dan kesimpulan. Jumlah gambar atau tabel maksimal 8. Daftar pustaka maksimal 40 kepustakaan.
  2. Tinjauan pustaka berisi kajian dari suatu topik di bidang ilmu kedokteran terapi intensif (intensive care medicine), baik penelitian dasar maupun penelitian terapan. Tulisan maksimal 2500 kata, dapat dilengkapi 5 gambar atau tabel, dan disusun dari maksimal 50 kepustakaan.
  3. Laporan kasus berisi tulisan mengenai kasus klinik menarik di bidang ilmu kedokteran terapi intensif (intensive care medicine), baik penelitian dasar maupun penelitian terapan. Tulisan maksimal 2500 kata yang terdiri dari pendahuluan (maksimal 500 kata), ilustrasi kasus (750-1000 kata), pembahasan/diskusi (maksimal 1000-1250 kata), serta maksimal 25 kepustakaan.
  4. Editorial berisi ulasan editor atau pakar khusus terhadap suatu tulisan-tulisan yang dimuat pada edisi yang diterbitkan berisi maksimal 1000 kata, dapat dilengkapi 1 gambar atau tabel, dan disusun dari maksimal 15 kepustakaan.
  5. Surat kepada Editor berisi tulisan oleh maksimal 3 penulis yang ditujukan pada redaksi dan mengulas tulisan ilmiah yang diterbitkan pada edisi sebelumnya dan terdiri dari 200 kata bila berkaitan dengan tulisan pada jurnal sebelumnya atau dapat maksimal 400 kata bila tidak berkaitan dengan tulisan pada jurnal sebelumnya, dapat dilengkapi maksimal 1 gambar atau tabel.

Redaksi menerima tulisan-tulisan ilmiah tersebut melalui alamat redaksi:
APARTEMEN MENTENG SQUARE, Tower A Lantai 3 No. AO–11
Jl. Matraman Raya No.30, Jakarta Pusat 10320, INDONESIA
Telp. +62-21-29614393, 085100599155, 085100898231 | Fax. +62-21-29614393
Email: infoperdici@yahoo.co.id | Website: www.perdici.org

dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tulisan yang dikirim belum pernah dipublikasi atau tidak sedang dikirim untuk dimuat pada jurnal lain. Penulis harus meyakinkan bahwa seluruh penulis lain telah membaca dan menyetujui tulisan yang dikirim. Tulisan yang diterima redaksi akan dibahas dalan rapat redaksi dan dikirimkan ke mitra bestari untuk dinilai. Tulisan yang perlu diperbaiki akan dikembalikan pada penulis untuk diperbaiki.
  2. Tulisan berisi abstrak (maksimal 200 kata, bahasa Indonesia dan Inggris, dilengkapi dengan 3-10 kata kunci)
  3. Naskah diketik (dapat menggunakan komputer dengan format *.doc, *.docx, atau *.rtf) pada kertas ukuran A4 (21 mm X 29,7 mm), 2 spasi, batas tepi 2,5 cm (atas, bawah, kiri, dan kanan), huruf Times New Roman, ukuran 10 point. Setiap halaman diberi nomor halaman pada sisi kanan bawah. Halaman pertama berisi halaman judul yang memuat judul makalah, nama setiap penulis dan instansinya, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimili, dan alamat e-mail.
  4. Judul tulisan dibuat singkat dan dibatasi maksimal 40 kata.
  5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Kata istilah asing agar diterjemahkan atau dicarikan padanannnya dalam bahasa Indonesia (kata istilah asing tetap ditulis dalam tanda kurung), nama obat ditulis dalam nama generik, dan ukuran menggunakan unit/satuan System International (SI units)
  6. Gambar atau foto harus dilengkapi keterangan tulisan pada bagian belakang berisi nomor gambar, nama penulis, dan petunjuk bagian atas gambar. Bila gambar atau foto mengenai wajah yang mungkin dapat dikenali atau berupa ilustrasi yang pernah ditulis maka harus disertai ijin tertulis.
  7. Tabel harus diketik 2 spasi. Nomor tabel berurutan sesuai dengan urutan penyebutan di dalam naskah. Setiap kolom diberi subjudul singkat. Tempat penjelasan pada sisi bawah tabel dan tidak pada judul. Jelaskan pada catatan kaki semua singkatan tidak baku yang ada pada tabel
  8. Ucapan terima kasih dituliskan untuk para profesional yang membantu penyusunan tulisan, termasuk memberikan dukungan teknis, dana, dan dukungan umum dari suatu institusi.
  9. Daftar pustaka ditulis berdasarkan aturan Vancouver dan diberi nomor urut berdasarkan pemunculan dalam keseluruhan teks dan tidak menurut abjad. Tulis semua nama penulis bila tidak lebih dari 6 orang, bila lebih dari 6 orang maka tulis 6 penulis pertama diikuti tulisan ‘et al’. Nama jurnal dapat disingkat sesuai Index Medicus.